SmartComp
Vol 13, No 1 (2024): Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer

Aplikasi pembelajaran virus menggunakan augmented reality untuk meningkatkan minat belajar siswa

Mahendra, Murdani Ahmadi Ihza (Unknown)
Ikrimach, Ikrimach (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2024

Abstract

Mekanisme pembelajaran di sekolah menengah atas (SMA) merupakan fokus penelitian untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, terutama dalam konteks pembelajaran mikroorganisme seperti virus. Keterbatasan alat dan kendala pembelajaran menggunakan buku menjadi motivasi utama dalam pengembangan aplikasi pembelajaran virus menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Penelitian ini memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) untuk menyatukan dunia nyata dan dunia maya. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengamati langsung struktur virus dalam objek tiga dimensi (3D). Aplikasi ini dapat diakses melalui kamera smartphone Android dengan deteksi penanda (marker) untuk menampilkan objek virus. Harapannya, aplikasi ini dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa di SMA, memperkaya pengalaman pembelajaran, dan menjadi solusi inovatif dalam mengatasi kendala pembelajaran mikroorganisme pada tingkat sekolah menengah atas (SMA).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

smartcomp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

Smart Comp(p-ISSN: 2089-676X, e-ISSN:2549-0796) is a nationally peer reviewed computer science journal open for researchers from the field of Information Technology, Computer Engineering, Informatics Engineering, Electrical & Electronics Engineering and related researches. Smart Comp has been ...