Jurnal Ekonomika dan Bisnis
Vol. 9 No. 1 (2022): Volume 9 Nomor 1 April 2022

Analisis Strategi Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk UMKM

Deddy Sulestiyono (Unknown)
Maya Aresteria (Unknown)
Radya David Arnawa Radiktya (Unknown)
Rosyadah Fairuz Hitotsu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Deddy Sulestiyono. Analisis Strategi Kualitas Layanandan Kualitas Produk UMKM. Fakultas Sekolah Vokasi.Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. 2022.halaman. Sampel dalam penelitian dilakukan denganmenyebar kuesioner terhadap responden secara acakyang ditemui oleh peneliti. Penelitian ini merupakanpenelitian deskriptif kualitatif, yaitu mixed antarakualitatif dengan kuantitatif, dengan menggunakanTeknik analisis data Importance-Performance Analysisuntuk mengetahui index kepuasan pelanggan daripelayanan Pemancingan dan Resto Jowo DelesSemarang. Sampel dalam penelitian ini diambil denganmetode accidental sampling. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pada strategi kualitas produk sepertimelakukan survei produk-produk tambahan potensial, ujicoba produk potensial, penambahan produk potensial,inovasi produk. Sedangkan pada strategi kualitas layananyaitu kenyamanan tempat menjadi perhatian penting olehkonsumen, kecepatan para pramusaji dalam mengertikebutuhan konsumen sehingga memudahkan konsumenserta konsumen akan merasa nyaman dengan layananyang diberikan. Selain itu, konsumen juga menginginkanfasilitas seperti kemudahan dalam bertransaksi sepertipenggunaan mesin EDC, layanan digital seperti Gopay,OVO, Dana, dan sebagainya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEB: Journal Economic and Bussines is an National Journal published by Faculty of Economics and Business Selamat Sri University (UNISS) in collaboration with The BPS Statistics Indonesia (MoU). JEB: Journal Economic and Bussines is aimed at being a medium for research results dissemination and ...