Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah
Vol 9 No 1 (2024)

Pemasaran dan Riset Pemasaran Global: Konsep, Manfaat, dan Tantangan

Dinda Karunia Putri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Farach Nur Fachri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Febrianty Try Andini (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Suhairi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Pemasaran global adalah proses perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan, membangun, dan memelihara transaksi yang menguntungkan dengan pelanggan di pasar internasional. Riset pemasaran global adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi tentang pasar global untuk mendukung keputusan pemasaran. Tujuan jurnal ini adalah untuk menjelaskan konsep, manfaat, dan tantangan pemasaran global dan riset pasar, serta memberikan berbagai strategi yang dapat digunakan perusahaan untuk bersaing di pasar global. Jurnal ini menggunakan metode tinjauan literatur yang mengutip berbagai sumber mengenai topik tersebut. Hasil jurnal ini menunjukkan bahwa pemasaran global dan riset pemasaran mempunyai manfaat yang signifikan bagi perusahaan, meningkatkan pangsa pasar, memperluas jangkauan pelanggan, memanfaatkan skala ekonomi, dan meningkatkan daya saing. Namun, pemasaran dan riset pasar global juga menghadapi tantangan yang kompleks, termasuk perbedaan budaya, hukum, politik, ekonomi, preferensi konsumen, dan persaingan yang ketat dari pesaing domestik dan global. Oleh karena itu, perusahaan perlu menerapkan strategi pemasaran global yang disesuaikan dengan kondisi pasar, standardisasi, penyesuaian atau diferensiasi produk, harga, distribusi dan promosi, serta melakukan riset pemasaran global yang komprehensif, sistematis dan berkelanjutan untuk memahami kebutuhan, perilaku, dll. Kepuasan pelanggan di pasar global.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Mas

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah (e-ISSN: 2580-5800; p-ISSN: 2527-6344) is a journal that is managed by the Islamic Banking Study Program, Muhammadiyah University of Surabaya and in collaboration with professional organizations, namely Ikatan Ahli Ekonomi Islam. This ...