Family Gold Delivery merupakan salah satu bisnis online yang menjual berbagai merk logam mulia dan juga menjual desain bingkai untuk logam mulia yang dapat dikustom dengan kata-kata ucapan sesuai keinginan customer. Dalam menjalankan bisnisnya, Family Gold Delivery hanya memanfaatkan media Instagram, Whatsapp, dan Marketplace untukĀ menjual produknya. Namun dikarenakan mahalnya presentase biaya tambahan dan asuransi yang dikenakan pihak marketplace sehingga mempengaruhi harga produk yang harus menyesuaikan biaya tersebut membuat pembeli tidak ingin bertransaksi melalui marketplace. Dengan belum adanya sistem untuk mendukung proses penjualan membuat pembeli masih harus menghubungi penjual secara langsung melalui chat. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka solusi yang diberikan yaitu menerapkan model e-commerce pada bisnis Family Gold Delivery yang bertujuan untuk memudahkan dalam menjalankan proses bisnis terutama aktivitas penjualan produk. Dengan menggunakan metode Business Model Canvas (BMC) untuk mengembangkan ide bisnis yang baru untuk menyusun strategi bisnis dengan cepat dan Fishbone Diagram untuk menganalisa permasalahan. Lalu Content Management System (CMS) Wordpress sebagai alat untuk membangun website agar website dapat segera terimplementasi dan dapat memenuhi segala kebutuhan bisnis. Disertai dengan penerapan Search Engine Optimization (SEO) dan strategi marketing untuk memperluas pemasaran sehingga dapat menghasilkan sebuah prototipe website e-commerce yang dapat mendukung proses penjualan pada Family Gold Delivery dari sisi penjualan hingga pemasaran produk. Adapun kesimpulan dari implementasi model e-commerce ini dapat mengatasi permasalah utama yang dihadapi Family Gold Delivery yaitu, pembeli tidak akan dikenakan biaya tambahan lagi jika bertransaksi melalui website e-commerce, dan proses penjualan tidak perlu lagi dilakukan melalui chat.
Copyrights © 2023