Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada partisipan dalam meregulasikan emosinya melalui journaling. Journaling dijadikan wadah untuk partisipan menuangkan segala bentuk emosi yang mereka alami dalam kejadian sehari-hari dan kemudian meregulasikannya kembali dengan tujuan untuk mengelola dan mengatur emosi partisipan. Kegiatan yang diikuti 3 partisipan dari Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar dan dilakukan pada kegiatan masing-masing, diberi jangka waktu satu minggu untuk mengelola emosinya. Adapun kegiatan ini menggunakan intervensi expressive writing yaitu partisipan akan menuliskan segala bentuk emosi yang mereka alami dalam kesehariannya. Metode yang digunakan yaitu pre-experiemental design (nondesigns) dengan teknik one group pretest-postest design. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan hasil journaling yang telah didapatkan. Berdasarkan hasil journaling yang telah dilakukan, didapatkan efek positif bagi partisipan dalam meregulasi emosi mereka dan memberikan pengetahuan bagi mereka dalam pengelolaan emosi.
Copyrights © 2024