Jurnal Golden Age
Vol. 7 No. 2 (2023): Jurnal Golden Age

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI LEMBAGA PAUD KABUPATEN LUWUK

Amrullah, Amrullah (Unknown)
Fitriana, Fitriana (Unknown)
Shofyatun, Shofyatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Kesiapan sarana pendukung baik secara teknologi dan inovasi perlu ditingkatkan sehingga kualitas dan mutu guru sesuai dengan plafon kurikulum merdeka yang telah dibuat oleh kementrian. Kemampuan dalam melaksanakan Asesmen Kompetensi Minimum (literasi dan numerasi), juga belum menjadi hal yang biasa baik bagi guru dan siswa . Masalah lain seperti pemahaman Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Modul Ajar (MA), Modul Proyek, sampai evaluasi tentang progres peserta didik merupakan hal yang dihadapi Sebagian besar guru. Setelah menelaah latar uraian tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Implementasi Kurikulum Merdeka Program Sekolah Penggerak di Lembaga PAUD di Kabupaten Luwuk”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan objek penelitian ini adalah tindakan untuk hasil pemahaman guru terhadap impelentasi kurikulum merdeka program sekolah penggerak. Penelitian ini menggunakan desain model Kemmis dan Mc. Taggart, penelitian ini dilakukan dengan beberapa siklus, yakni siklus I dan siklus II. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi. Hasil observasi dianalisis dengan menggunakan analisis persentase. Berdasarkan hasil penelitian data gain score pemahaman guru memiliki nilai Sig < α (0,000 < 0,05) yang berarti gain score pemahaman guru siklus I berbeda positif dan signifikan dengan pemahaman guru siklus II, dengan kata lain pemahaman guru meningkat tentang implementasi kurikulum meredeka program sekolah penggerak di Lembaga PAUD di Kabupaten Luwuk. Kata kunci: sekolah penggerak, guru PAUD

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jga

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Golden Age (e-ISSN 2549-7367) adalah jurnal Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Hamzanwadi yang memuat hasil penelitian yang diangkat dari kajian teoritis dan hasil penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali ...