JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

FENOMENA KOMUNIKASI PEMAIN ROLEPLAY PADA PENGGUNA AKUN K-POP TWITTER KALANGAN REMAJA DI KOTA PEKANBARU

Atiqah Atiqah (Riau University)
Noor Efni Salam (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Pemain roleplay pengguna akun K-Pop menjadi yang paling umum saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motif pemain roleplay Twitter kalangan remaja di Kota Pekanbaru memilih menggunakan akun K-Pop, makna karakter yang dipilih serta pengalaman komunikasi pemain selama bermain roleplay. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan motif karena (Because Motive) seperti keinginan mencari teman yang memiliki kesamaan minat yaitu menyukai K-Pop, ingin mengenal idola, serta memudahkan mencari teman dalam bermain roleplay serta motif harapan (In order to motive) yaitu mecari keuntungan, mendapatkan informasi pendidikan dan pekerjaan, meningkatkan kemampuan bersosialiasi serta meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Makna peran yang dipilih adalah sebagai versi lain dari diri roleplayer, sebagai inspirasi serta sebagai role model. Pengalaman menyenangkan yang ditemukan yaitu kesempatan menjalin hubungan diluar karakter yang diperankan, serta berpacaran didunia roleplay. Sedangkan pengalaman kurang menyenangkan meliputi konflik dengan sesama roleplayer, sextingl serta mendapat cemoohan dari lingkungan sekitar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...