Kebijakan pemerintah mewajibkan perusahaan untuk melaksanakan program CSR di lingkungansekitar perusahaan, tujuanya masyarakat ikut memperoleh manfaat dari adanya perusahaan di wilayahtersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk Implementasi ProgramCoorporate Social Responsibility (CSR) Chevron dalam meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat. Metodepenelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancaradan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi program CSR atau investasisosial Chevron saat ini adalah Program Investasi Sosial bidang Kesehatan dalam bentuk Program PengembanganKapasitas untuk Peningkatan Pelayanan Posyandu (CAPS), Program peningkatan akses air bersihdan sanitasi (IAC). Program Investasi Sosial bidang Pendidikan dan pelatihan kejuruan dalam bentuk Memberikanbeasiswa, University Relationship Program (URP), Pelatihan kejuruan untuk tenaga kerja dan wirausahawan(VOTEE). Program investasi bidang ekonomi dalam bentuk program dukungan pertanian terpaduberkelanjutan khusus mikro kecil dan akses keuangan (PRISMA), Local Busness Development (LBD)atau pengembangan usaha tempatan. Program Investasi Sosial Bidang Lingkungan seperti Bank sampah,Program Kampung Iklim (Proklim), Konservasi harimau dan gajah sumatera/ kerjasama internasional konservation,Program Adiwiyata. Penerapan program CSR tersebut merupakan bentuk implementasi darikonsep tata kelola perusahaan yang baik. Program CSR merupakan investasi bagi perusahaan demi pertumbuhandan keberlanjutan perusahaan.
Copyrights © 2017