JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 6, No 2 (2017)

IMPLEMENTASI PROGRAM COORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PROVINSI RIAU

Nurjanah Nurjanah (Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau)
Welly Wirman (Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau)
Tantri Puspita Yazid (Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2017

Abstract

Kebijakan pemerintah mewajibkan perusahaan untuk melaksanakan program CSR di lingkungansekitar perusahaan, tujuanya masyarakat ikut memperoleh manfaat dari adanya perusahaan di wilayahtersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk Implementasi ProgramCoorporate Social Responsibility (CSR) Chevron dalam meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat. Metodepenelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancaradan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi program CSR atau investasisosial Chevron saat ini adalah Program Investasi Sosial bidang Kesehatan dalam bentuk Program PengembanganKapasitas untuk Peningkatan Pelayanan Posyandu (CAPS), Program peningkatan akses air bersihdan sanitasi (IAC). Program Investasi Sosial bidang Pendidikan dan pelatihan kejuruan dalam bentuk Memberikanbeasiswa, University Relationship Program (URP), Pelatihan kejuruan untuk tenaga kerja dan wirausahawan(VOTEE). Program investasi bidang ekonomi dalam bentuk program dukungan pertanian terpaduberkelanjutan khusus mikro kecil dan akses keuangan (PRISMA), Local Busness Development (LBD)atau pengembangan usaha tempatan. Program Investasi Sosial Bidang Lingkungan seperti Bank sampah,Program Kampung Iklim (Proklim), Konservasi harimau dan gajah sumatera/ kerjasama internasional konservation,Program Adiwiyata. Penerapan program CSR tersebut merupakan bentuk implementasi darikonsep tata kelola perusahaan yang baik. Program CSR merupakan investasi bagi perusahaan demi pertumbuhandan keberlanjutan perusahaan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...