Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa strategi komunikasi inovasidalam mengembangkan potensi desa wisata meskom di Kecamatan Bengkalis. Selain itu,penelitian ini juga ingin mengetahui faktor yang mempengaruhi dari strategigi komunikasi.Penelitian ini menggunaskan metode kualitatitaf dengan studi deskriptif. Teknik pengumpulandata dari penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, dandokumentasi. Strategi komunikasi dari Kecamatan Bengkalis dalam mengembangkan DesaWisata tidak cukup baik, meskipun pemerintah menggunakan strategi yang sama denganlangkah-langkah yang sama untuk mencapai tujuan. Pembuatan strategi oleh pemerintahtidak melibatkan masyarrakat. Implementasi strategi komunikasi dari pemerintah Bengkalisdenganmenggunakan beberapa media komunikasi seperti: brosur, pamphlet,pameran, danlain-lain. Tetapi strategi ini selalu berdampak pada psikologisosial dan sebagian dari orang-orang tidak ikut berpartisipasi dalam lingkungan social, intensitas penggunaan mediakomunikasi dan proses adopsi tanpa komunikasi berkelanjutan.Kata Kunci : strategi komunikasi, pariwisata, inovasi, dan pemerintah
Copyrights © 2014