JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 2, No 2 (2013)

PEMAPARAN PERAN WANITA DALAM IKLAN MAJALAH

Rumyeni ' ' (Unknown)
Evawani Elysa Lubis (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2015

Abstract

Pemaparan Peran Wanita dalam Iklan Majalah. Studi ini bertujuan untukmenganalisiskategoriproduk dan pemaparan tipe kecantikan dan peran pekerjaan wanita yang ditampilkan pada iklan di majalahFemina dan Kartini, serta perbedaan pemaparan tipe kecantikan dan peran pekerjaan wanitadengan targetproduk wanita dan iklan dengan target produk wanita dan pria. Metode yang digunakan pada peneltitian iniadalah penelitian kuantitatif dengan metode analisis isi dengan unit analisisnya mencakup iklan-iklan diyang model utamanya adalah wanita dewasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada majalah wanitatersebut produk yang selalu diiklankan adalah kategori produk kosmetik, perawatan kulit dan perawatanperibadi, karena ini sesuai dengan target audiennya adalah wanita. Sementara itu peran perempuan yangterpapar pada iklannya berdasarkan jenis kecantikannya adalah sex kitten untuk majalah Kartini dan jeniskecantikan klasik/feminism pada majalah Femina. Peran pekerjaan yang terpapar adalah peran dekoratifpada kedua majalah tersebut. Hal ini bermakna wanita selalu digambarkan sebagai obyek hiasan dan kecantikanadalah yang terpenting bagi wanita.Kata Kunci: peran pekerjaan, iklan, majalah wanita

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...