JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 3, No 1 (2014)

PENGGUNAAN KOMUNIKASI FATIS DALAM PENGELOLAAN HUBUNGAN DI TEMPAT KERJA

Sari Ramadanty ' (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi Penggunaan Komunikasi Verbal dan Nonverbalyang bersifat Komunikasi Fatis dalam membangun hubungan serta mengembangkan hubungandi tempat kerja. Penelitian ini juga melihat Pengelolaan hubungan pada konteks KomunikasiOrganisasi. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan deskripsi mengenai peranan komuni-kasi verbal dan nonverbak dalam konteks komunikasi fatis serta bagaimana membangun hubu-ngan secara interpersonal yang terjadi di tempat kerja. Dari hasil penelitian didapati bahwaPenggunaan komunilasi fatis sangat sering terjadi ditempat kerja, karena dianggap sebagaipembuka dalam hubungan yang lebih akrab. Komunikasi fatis sangat berperan dalam pem-bentukan hubungan dan menciptakan hubungan yang erat antar sesama rekan kerja. Konteksbudaya seseorang sangat berperan dalam penggunaan komunikasi fatis, seseorang dengankonteks budaya tinggi cenderung lebih sering menggunakan komunikasi fatis dalam hubungankomuniksi interpersonalnya. Namun bagi mereka yang berada pada konteks budaya rendahjuga menempatkan komunikasi fatis untuk berhubungan dengan para rekan kerja dalamkepentingan pekerjaan. Kesimpulan dari penelitian ini, komunikasi fatis sangat penting dalammembangun dan pengelolaan hubungan. Hal tersebut juga berlaku di tempat kerja, kontekskomunikasi fatis juga berkaitan dengan pengelolaan bahasa verbal dan non verbal.Kata Kunci: komunikasi interpersonal, komunikasi fatis, komunikasi verbal dan non verbal

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...