JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

PENGGUNAAN APLIKASI PESAN WHATSAPP DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. GELATIK SUPRA PEKANBARU

Sahira Nadia Eka Putri (Universitas Riau)
Rumyeni Rumyeni (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Aplikasi pesan WhatsApp semakin luas penggunaannya dalam kehidupan masyarakat. Saat ini, WhatsApp tidak hanya digunakan sebagai media obrolan antar keluarga dan teman, lebih dari itu WhatsApp juga digunakan untuk menunjang aktivitas karyawan dalam bekerja di sebuah perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi pesan WhatsApp terhadap kinerja karyawan PT. Gelatik Supra Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan responden penelitian adalah seluruh karyawan yang bekerja di PT. Gelatik Supra Pekanbaru yang berjumlah 98 orang. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dengan uji statistik menggunakan software SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh antara penggunaan aplikasi pesan WhatsApp terhadap kinerja karyawan pada PT. Gelatik Supra Pekanbaru. Nilai koefisien determinasi (Rsquare) adalah sebesar 0.086, bermakna kinerja karyawan di PT. Gelatik Supra Pekanbaru sebesar 8,6% dipengaruhi oleh media sosial WhatsApp sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.Kata kunci: Media sosial, kinerja karyawan, WhatsApp

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...