JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 5, No 1 (2016)

PENGARUH TWITTER TERHADAP PERILAKU KECANDUAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS RIAU

Noor Efni Salam (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2016

Abstract

Perkembangan teknologi, komunikasi dan informasi, berimbas pada munculnya mediasosial,yaitu twitter. Melalui 140 karakter, pengguna dapat mengupdate status/tweets atau melalui aplikasimirip twitter. Twitter merupakan wadah menyalurkan aspirasi dan melihat karakter mahasiswa sertadapat mengekspresikan keadaan yang terjadi. Twitter cukup mempengaruhi perilaku manusia atau masyarakatpada saat ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh twitter terhadapperilaku kecanduan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.Penelitian ini menggunakan teori CMC oleh Wood dan Smith dan social media oleh Andreas Kaplan danMichael Haenlein. Metode penelitian ini yaitu metode kuantitatif eksplanasi. Teknik pengumpulan datamenggunakan angket. Jumlah sampel sebanyak 187 responden dan menggunakan teknik random sampling.Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kedua variabel tersebut, peneliti menggunakan analisisregresi linear sederhana. Pengolahan uji kuesioner dilakukan dengan menggunakan program StatistikProduct And Service Solution (SPSS) Windows versi 20.Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien regresi pada penelitian ini adalah Y = 2,242 + 0,434 X dengantingkat signifikansi 0,000, lebih kecil dari α = 0,05. Artinya terdapat pengaruh twitter terhadap perilakukecanduan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau sebesar 34,5% dan 65,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...