JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 6, No 2 (2017)

PENGELOLAAN INSTAGRAM @Humas_Jabar OLEH BAGIAN HUMAS PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT

Alfian Romadhoni (Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran)
Hanny Hafiar (Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran)
Kokom Komariah (Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2017

Abstract

Media sosial merupakan media yang potensial dalam penyebaran informasi.Tujuan penelitianini adalah menggambarkan bagiamana pengelolaan media sosial Instagram @Humas_Jabar oleh bagianhubungan masyarakat Pemprov Jawa Barat yang meliputi proses share, optimize, manage dan engage.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data wawancara mendalam,observasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa: Humas Jabar pada prosesshare menyadari Instagram dapat membuka komunikasi dua arah. Namun, Humas Jabar belum optimaldalam membangun kepercayaan publik. Pada proses optimize pemantauan perbincangan belum optimalkarena hanya melakukan pengecekan manual. Pada proses manage, media monitoring belum optimalkarena hanya membuat laporan followers dan jumlah posting, quick response belum optimal karena hanyamelakukan pembalasan pada sore hari. Pada proses engage, menentukan brand influencer belum optimalkarena belum menggunakan social media tools. Pada tahap menentukan audiens Humas Jabar belumtepat karena menetukan audiens terlalu luas.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...