JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 2, No 2 (2013)

REPRESENTASI POLIGAMI DALAM FILM “BERBAGI SUAMI”

Nova Yohana ' (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2015

Abstract

Representasi Poligami dalam Film “Berbagi Suami”. Penelitian ini bertujuan menganalisispraktek poligami yang direpresentasikan dalam film Berbagi Suami karya Nia Dinata. Penelitian ini meng-gunakan analisis wacana dari Sara Mills, yakni bagaimana wanita ditampilkan dalam teks, baik dalam novel,gambar, foto ataupun dalam berita sebagai perspektif feminis. Melalui analisis wacana Sara Mills yang me-musatkan perhatian pada gender (feminisme), peneliti mencoba menganalisis bagaimanakah posisi subjek-objek dan posisi penulis-pembaca (penonton) merepresentasikan poligami dalam film “Berbagi Suami”.Hasil peneltian menunjukkan bahwa film “Berbagi Suami” mencoba menggambarkan poligami dari sudutpandang perempuan meskipun dalam prakteknya perempuan adalah sebagai objek praktek poligami.Perempuan sebagai subjek dalam film ini mempunyai lebih banyak ruang untuk mendefinisikan poligamiyang mereka alami. Sebagai subjek mereka tidak menempatkan pihak laki-laki sebagai korban. Pada posisipenulis-pembaca (yang dalam penelitian ini berarti pembuat film dan penonton). Pembuat film lebih seringmenghadirkan cerita dari perspektif perempuan sehingga penonton pun akan memandang peristiwa darikacamata perempuan. Konflik yang terjadi dalam film “Berbagi Suami” ditampilkan dalam bentuk voiceover atau suara hati ketiga tokohnya, yang merupakan konflik batin para perempuan yang menjalani kehi-dupan dipoligami dari kalangan usia, sosial dan etnis yang berbeda. Tidak hanya cinta yang terbagi, tapi jugawaktu, perhatian, dan harta.Kata Kunci: film “Berbagi Suami”, representasi poligami, feminisme

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...