JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 9, No 1 (2020)

OPINI PUBLIK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM #2019GANTIPRESIDEN VS #2019TETAPJOKOWI

Raja Hendra Muhammad (Unknown)
Belli Nasution (Unknown)
Suyanto Suyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2020

Abstract

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, tau koran dibutuhkan modal besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media sosial dimana seorang user bisa mengakses dengan jaringan internet tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri. Pengguna media sosial bebas mengedit,menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya. Mencermati lebih jauh, media sosial telah menjelma menjadi jenis komunikasi baru dalam tataran komunikasi massa yang paling banyak digunakan secara universal. Konsep media sosial tersebut pada dasarnya telah dipaparkan dalam artikel di Universitas Harvard pada Tahun 1966 atau 51 tahun yang lalu oleh seorang peneliti yang melakukan studi komunikasi persuasif yaitu ernest dichter, yang ternyata ada hubungannya dengan trend media sosial saat ini. Secara umum adaempat hal penting ditemukan oleh Ernest Dichter mengenai motivasi seseorang mengkomunikasikan sebuah hal baru (yang dapat diartikansebagai sebuah brand, yaitu : Pertama, publik senang membicarakan sebuah brand karena pengaruh produk itu sendiri (33% dari total populasi); Kedua, pengaruh dalam diri sendiri (24%); Ketiga, pengaruh diluar diri sendiri (20%); Keempat, Isi pesan itu sendiri (20%) (detik.com).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...