Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa besar pengaruh kompetensi komunikasi instruksional Assistant Teaching Matematika terhadap prestasi akademik peserta pdidik melalui minat belajar. Populasi dalam Penelitian ini sebanyak 231 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel yaitu Non-Probability Sampling berjumlah 133 orang. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Uji validitas instrumen dengan koefisien reliabilitas Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji kolinieritas, uji multikolinieritas dan uji homosedastisitas. Analisis data menggunakan teknik analisis SEM-PLS (Struktural Equation Modelling-PLS) dengan aplikasi WarpPLS 6.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan kompetensi komunikasi instruksional Assistant Teaching Matematika terhadap prestasi akademik peserta didik sebesar 0,74(74%) melalui pengujian koefisien direct effect. Kemudian terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh kompetensi komunikasi instruksional Assistant Teaching Matematika terhadap prestasi akademik peserta didik melalui minat belajar sebesar 0,66 (66%) dari hasil pengujian (indirect effect). Hasil pengujian model mediasi menjelaskan bahwa model mediasi diterima dengan kriteria APC dan ARS < 0,05 serta AVIF < 5. Sedangkan besar efek mediasi yang dihitung dengan metode Variance Acounted For(VAF) sebesar 68,68%, termasuk dalam kategori pemediasi parsialKata kunci: Komunikasi, Kompetensi, Instruksional, Minat Belajar, Prestasi Akademik
Copyrights © 2022