Penulisan ini menjelaskan mengenai pengolahan data nasabah pada PT Jiwasraya cabang Pandeglang khususnya dalam melayani pembayaran premi dan klaim nasabah. Asuransi berperan dalam  operasionalnya harus mampu bersaing bebas dan memperoleh keuntungan dengan memenuhi dan menjalankan seluruh persyaratan yang tercantum dalam Undang-undang No. 2 tahun 1992 tentang usaha perasuransian.            Pada sistem yang berjalan masih banyak menggunakan formulir-formulir sehingga banyak terjadi kerapan data nasabah, dan pada pengolahan terhadap data nasabah atau anggota masih menggunakan Microsoft word dan excel,sehingga memperlambat fungsi-fungsi manajerial dalam pengambilan keputusan.            Mengingat kelemahan dari sistem yang sedang berjalan adalah karena prosesnya dilakukan secara manual, maka panulis mengusulkan untuk menggunakan program aplikasi khusus yang lebih terstruktur yang dirancang untuk masalah data base konsumen  dan menyajikannya dalam bentuk aplikasi dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0.
Copyrights © 2010