Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna
Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Sains dan Kesehatan Avicenna

Hubungan Empati dan Keramahan Perawat terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Abeli

Viki Marhadi Hasan (Institut Teknologi dan Kesehatan Avicenna)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2022

Abstract

Latar belakang: Sebagai salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan di puskesmas, terutama pada unit pelayanan rawat inap, unsur keperawatan sangat menentukan tinggi rendahnya kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas. Faktor kepuasan pasien dapat disebabkan oleh empati dan keramahan perawat saat memberikan asuhan keperawatan. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan empati dan keramahan perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Abeli Kota Kendari. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian cros-sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pasien rawat inap di Puskesmas Abeli sebanyak 48 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil: Hasil uji statistik chi-square menunjukan bahwa empati nilai p-value = 0,007 dan keramahan perawat dengan p-value = 0,006. Kesimpulan Artinya empati dan keramahan perawat memiliki hubungan dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Abeli Kota Kendari

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkma

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal ini memuat hasil-hasil peneltian dibidang sains dan kesehatan terutama pada fokus kesehatan masyarakat, epidemiologi, kesehatan kerja, kesehatan lingkungan, gizi, administrasi kesehatan, promosi kesehatan, kesehatan reproduksi, keperawatan, ...