Al Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen
Vol 11, No 1 (2024): Januari: Al Kalam Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen

PENGARUH TERPAAN IKLAN PANTENE MIRACLES DI YOUTUBE MELALUI DAYA TARIK IKLAN TERHADAP SIKAP AUDIENS PADA IKLAN

Titik Purwinarti (Politeknik Negeri Jakarta)
Nurifa Ananda (Politeknik Negeri Jakarta)
Iis Mariam (Politeknik Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh terpaan iklan melalui daya tarik iklan terhadap sikap audiens pada iklan (studi kasus pada audiens iklan Pantene Miracles di Kota Depok). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh terpaan iklan terhadap sikap audiens pada iklan melalui daya tarik iklan Pantene Miracles.Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksplanasi. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dan teknik purposive sampling dengan responden sebanyak 100 responden. Kemudian diuji dengan menggunakan PLS (Partial Least Square). Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan untuk metode analisis data menggunakan uji validitas diskriminan, uji validitas konvergen, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) Terpaan iklan (X) berpengaruh positif sebesar 45,8% terhadap sikap audiens pada iklan (Y); (b) Terpaan iklan (X) berpengaruh positif sebesar 64,1% terhadap daya tarik iklan (Z); (c) Daya tarik iklan (Z) berpengaruh positif sebesar 46,2% terhadap sikap audiens pada iklan (Y); (d) Terpaan iklan (X) berpengaruh positif sebesar 29,6% terhadap sikap audiens pada iklan (Y) melalui daya tarik iklan (Z).Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel terpaan iklan, daya tarik iklan, dan sikap audiens pada iklan sehingga semua Ha diterima dan H0 ditolak. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alkalam

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Al Kalam Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen menerbitkan naskah hasil penelitian yang relevan dengan bidang ilmu komunikasi, bisnis dan manajemen. ...