Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 3 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Analisis Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Dan Norma Subyektif Terhadap Sikap Pemudi Muslim Dalam Niat Beli Produk Kosmetik Halal (Studi Kasus Di Solo Raya)

Aditya Rahayu (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muzakar Isa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan, religiusitas, dan norma subjektif terhadap sikap wanita muslimah terhadap niat membeli kosmetik halal di Solo Raya. Wanita muslimah yang berdomisili di Solo Raya dan pernah membeli kosmetik halal berpartisipasi dalam penelitian ini sebagai responden. Penelitian ini menggunakan metodologi survei purposive sampling dan menggunakan model persamaan struktural (SEM) untuk menganalisis data dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Temuan menunjukkan bahwa pengetahuan, religiusitas, dan norma subjektif secara signifikan mempengaruhi sikap dan niat wanita Muslim untuk membeli kosmetik halal. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa sikap wanita muslim berperan dalam memediasi hubungan antara pengetahuan, religiusitas, dan norma subyektif dalam keinginan mereka untuk membeli kosmetik halal. Implikasi manajerial penelitian ini antara lain perlunya produsen kosmetik halal Solo Raya meningkatkan edukasi konsumen tentang religiusitas, norma subjektif, dan pengetahuan konsumen saat memasarkan produknya, serta dampak sikap konsumen terhadap niat beli produk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...