Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 3 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Media Sosial Terhadap Etika Bisnis Online Shop Mamakids 27

Tri Gita Rani (Politeknik Piksi Ganesha Bandung)
Prihartono Prihartono (Politeknik Piksi Ganesha Bandung)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap etika bisnis online shop yang dilakukan mamakids27 dengan menggunakan metode eksplanatori yaitu pendekatan kuantitatif kausalitas untuk menjelaskan atau membuktikan pengaruh variabel dependen terhadap variabel independen. Sehingga pengaruh dapat diketahui dengan baik tingkat pengaruh maupun besarnya pengaruh. Sampel dalam penelitian ini mengacu pada ketentuan ukuran pengambilan sampel minimal 10% dari total populasi. Sehingga sampel penelitian ini mencapai 35 customer Mamakids27. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan survei dengan menyebarkan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yang menggambarkan pengaruh dengan mengeskplorasi beberapa karakteristik demografi, kemudian dianalisis dengan uji regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian menyajikan analisis demografi partisipan berjenis kelamin perempuan yang didominasi oleh pembeli yang berusia rentang 31-40 tahun. Kategorisasi lima variabel penelitian menunjukan media sosial dengan kategori tinggi 57,5% dan etika bisnis kategori tinggi dengan 55.0%. Hasil uji regresi linier sederhana disimpulkan bahwa media sosial berpengaruh signifikan terhadap etika bisnis online dengan kontribusi sebesar 62.8%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...