Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 5 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Omzet Penjualan di Pasar Sinpansa Summarecon Bandung

Zain Zainuddin (Politeknik Piksi Ganesha)
Prihartono Aksan Halim (Politeknik Piksi Ganesha)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2023

Abstract

Persaingan antar pelaku UMKM terhadap omzet penjualan menjadi inti dari penelitian yang sedang dibahas. Metode penelitian kuantitatif dengan pengambilan data melalui kuesioner yang menjadikan hubungan variabel terdiri dari: product, price, place, promotion merupakan variabel bebas (independent) yang diberi simbol (X). Omzet penjualan adalah variable terikat (dependent) yang diberi simbol (Y). Populasi yang ada pada penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM yang ada di pasar sinpasa Summarecon Bandung yang berjumlah 29 UMKM dan sampel pada penelitian ini berjumlah 29 UMKM. Dilihat hasil uji signifikan simultan (F) didapat bahwa nilai signifikan sebesar sig 0,01 < 0,05 menunjukan bahwa kesimpulan yang didapatkan setiap variabel independent Produk (X1), Price (X2), Place (X3), Promotion (X4) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Omzet Penjualan (Y). Variabel independent pada Price (X2) bernilai thitung (3,022) > ttabel (2,026) dan Promotion (X4) bernilai thitung (2,971) ttabel (2,026) berkeriteria berpengaruh terhadap Omzet Penjualan (Y). Hasil lain membuktikan bahwa pada hasil Rsquare 0,578 x 100% (57,8%), dapat disimpulkan bahwa product, price, place, promotion mempengaruhi terhadap omzet penjualan sebesar (57,8%). Pentingnya para UMKM memperhatikan bauran pemasaran terlebih kepada Price/harga (X2) dan Promotion/promosi (X4) karena price dan promotion ini mempunyai pengaruh yang berguna untuk meningkatkan omzet penjualan di pasar sinpasa Summarecon Bandung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...