Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa dalam konteks pendidikan agama Islam di sekolah, serta kontribusi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan moral dan karakter peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi terhadap kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru PAI, dan siswa di SMA N 3 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memberikan kontribusi signifikan dalam pembentukan karakter siswa melalui peran sebagai edukator, pemimpin, mentor, motivator, dan evaluator. Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran dan media yang tersedia, serta memberikan teladan, disiplin, dan bimbingan kepada siswa dalam kesehariannya. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peran guru PAI dalam membentuk karakter siswa, yang dapat berdampak positif pada pendidikan agama Islam di sekolah.
Copyrights © 2024