Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom Action Research) yang bertujuan (1) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 004 Batu sanggan melalui alat peraga kartu mainan, (2) aktivitas siswa kelas III SD Negeri 004 Batu sanggan dalam pembelajaran matematika melalui alat peraga kartu mainan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 004 Batu sanggan pada tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh dari analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif adalah sebagai berikut: kehadiran siswa dalam proses belajar mengajar meningkat, hal ini dilihat dari daftar hadir siswa pada setiap pertemuan;perhatian siswa dalam pembahasan materi pelajaran meningkat; keaktifan siswa dalam mengerjakan latihan terkontrol baik dalam bentuk kelompok atau individu; motivasi siswa untuk belajar meningkat sehingga semangat siswa mengalami peningkatan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Dari skor hasil belajar yang dicapai terlihat adanya peningkatan yaitu; skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I mencapai 70 dari skor ideal 100, setelah dilanjutkan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar matematika siswa mencapai 90 dari skor ideal 100. Banyaknya siswa yang tuntas pada siklus I adalah 7 orang (70%) dari 10 orang. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 004 Batu sanggan dalam pembelajaran matematika melalui penggunaan alat peraga kartu mainan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024