Permasalahan ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan dribbling di SDN 004 Sungai Kubu, Kecematan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir. Salah satu solusi untuk mengetahui apakah gaya mengajar divergent dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar dribbling siswa SDN 004 Sungai Kubu pada permainan sepakbola. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 24 orang (Total Sampling). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan Pratindakan, Siklus I, Siklus II. Dari hasil penelitian menunjukkan upaya meningkatkan kelincahan dan koordinasi mata-kaki terhadap keterampilan dribbling pada permainan sepakbola siswa kelas V SDN 004 Sungai Kubu. Peningkatan hasil belajar siswa tesebut dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang dicapai melalui pemberian tes seperti Pratindakan, Siklus I, dan Siklus II. Dalam proses pembelajaran pada Pratindakan dengan jumlah siswa keseluruhan 20, yang tuntas sebanyak 3 orang atau 20 %. Dalam proses pembelajaran pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 orang atau 40%. Dalam proses pembelajaran pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 atau 91,66%. Dengan Metode Gaya Divergent dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran teknik dribbling pada siswa kelas V SDN 004 Sungai Kubu
Copyrights © 2024