Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah E-commerce berpengaruh terhadap Pendapatan UMKM untuk mengetahui apakah Digital Payment berpengaruh terhadap pendapata UMKM, dan untuk mengetahui apakah e-commerce dan digital payment berpengaruh terhadap pendapatan UMKM. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dan menggunakan data sekunder dan data primer. Data primer didapat dari responden yang dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari 16 pertanyaan. Sampel terdapat 80 responden pelaku usaha dari populasi sebanyak 400pelaku usaha. Skala pengukuran menggunakan skala likert. Analisis data meliputi : uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji normalitas, uji regresi linier sederhana,uji regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan e-commerce terhadap pendapatan UMKM sektor kuliner di Kecamatan Tuah Madani, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan digital payment terhadap pendapatan UMKM sektor kuliner di Kecamatan Tuah Madani, dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan e-commerce dan digital payment terhadap pendapatan UMKM sektor kuliner di Kecamatan Tuah Madani.
Copyrights © 2024