Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 5 No. 2 (2024): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Strategi Majelis Taklim Az-Zahra Dalam Mensosialisasikan Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Di Kecamatan Medan Sunggal

Siregar, Fadia Hanum (Unknown)
Misrah, Misrah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Pelecehan seksual yang dilakukan terhadap perempuan adalah masalah serius yang memerlukan perhatian terfokus dan pendekatan proaktif di banyak situasi. Kekerasan seksual terus terjadi di Kecamatan Medan Sunggal, sehingga menimbulkan ancaman signifikan terhadap keselamatan dan kesejahteraan perempuan. Dewan Taklim Az-Zahra, sebuah organisasi keagamaan yang didedikasikan untuk pendidikan dan pemberdayaan perempuan, menyadari pentingnya berpartisipasi aktif dalam meningkatkan kesadaran dan pencegahan kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis Majelis Taklim Az-Zahra dalam meningkatkan kesadaran dan pendidikan pencegahan kekerasan seksual terhadap perempuan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. digunakan untuk mengeksplorasi strategi yang digunakan oleh majelis taklim dalam konteks pencegahan kekerasan seksual. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pengurus dan anggota, serta observasi terhadap kegiatan majelis taklim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendidikan, pembentukan relawan, dan kerja sama dengan lembaga lain Majelis Taklim Az-Zahra berhasil membentuk pemahaman mendalam di masyarakat, memperluas dampak sosialisasi, dan memainkan peran aktif dalam pencegahan kekerasan seksual. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktik efektif dalam konteks pencegahan kekerasan seksual oleh lembaga keagamaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...