Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang paling banyak berkembang saat ini adalah UMKM di bidang kuliner, seperti makanan dan minuman atau sering disebut sebagai FnB (Food and Beverage). Banyaknya UMKM yang bergerak di bidang kuliner, maka para pelaku usaha memerlukan strategi yang relevan untuk meningkatkan produktivitasnya dan memperluas akses pasar yang lebih luas. Salah satunya dengan pendampingan desain logo dan perancangan katalog produk UMKM “Roti Gilang Arum” sebagai strategi peningkatkan produksi. Tahapan pelaksanaan pendampingan dimulai dari observasi, analisis lapangan, interview bersama mitra sertadokumentasi dengan metode pelaksanaan pendampingan adalah Participatory Action Research (PAR). PAR adalah metode penyadaran masyarakat mengenai potensi dan masalah yang ada serta mendorong keikutsertaan atau partisipasi masyarakat dalam kegiatan perubahan yang akan dilaksanakan. Keberhasilan program pendampingan katalog produk UMKM “Roti Gilang Arum” dapat dijadikan referensi untuk para pelaku usaha dan bermanfaat untuk memasarkan dan meningkatkan hasil produksinya ke pangsa pasar yang lebih luas. Secara khusus dengan adanya pelatihan desain grafis produk UMKM juga dapat mendorong dalam perancangan katalog produk UMKM "Roti Gilang Arum" sebagai strategi peningkatkan produksi di era digitalisasi marketing dan output riil dari pengabdian masyarakat oleh tim KKN-Tematik 35 ini terwujudnya peningkatan produktivitas dan menjadikan produk yang berdaya saing.
Copyrights © 2024