Motivasi belajar merupakan suatu dorongan dan penentu arah bagi siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar guna mencapai tujuan yang dikehendaki. Salah satu faktor yang memengaruhi motivasi belajar adalah dukungan keluarga. Kurangnya dukungan keluarga akan menyebabkan turunnya motivasi belajar pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 6 Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelatif dengan rancangan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel secara stratified random sampling sebanyak 100 subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dukungan keluarga mayoritas tinggi sebanyak 56% (56 orang) dan motivasi belajar siswa mayoritas sedang sebanyak 55% (55 orang). Hasil analisis chi-square menunjukkan terdapat hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar siswa (p-value = 0,013). Peran keluarga diperlukan dalam memberikan perhatian kepada siswa sehingga motivasi belajar siswa dapat meningkat.
Copyrights © 2024