Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO)
Vol. 5 No. 1 (2024): Volume 5 Nomor 1 Mei 2024

Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar Siswa

Puspitasari, Katarina Indah (Unknown)
Sianturi, Sondang Ratnauli (Unknown)
Novita, Regina Vidya Trias (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu dorongan dan penentu arah bagi siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar guna mencapai tujuan yang dikehendaki. Salah satu faktor yang memengaruhi motivasi belajar adalah dukungan keluarga. Kurangnya dukungan keluarga akan menyebabkan turunnya motivasi belajar pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 6 Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelatif dengan rancangan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel secara stratified random sampling sebanyak 100 subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dukungan keluarga mayoritas tinggi sebanyak 56% (56 orang) dan motivasi belajar siswa mayoritas sedang sebanyak 55% (55 orang). Hasil analisis chi-square menunjukkan terdapat hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar siswa (p-value = 0,013). Peran keluarga diperlukan dalam memberikan perhatian kepada siswa sehingga motivasi belajar siswa dapat meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kepo

Publisher

Subject

Health Professions Nursing

Description

Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO) adalah bertujuan untuk memberikan pertukaran forum dan antarmuka antara peneliti dan praktisi terkait di bidang Keperawatan. Jurnal ini hanya menerima artikel dari hasil penelitian asli (prioritas utama), artikel studi kasus (bukan prioritas), dan kajian ilmiah ...