Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) penjual kopi Gayo di Aceh saat ini menghadapi kendala dalam pengelolaan stok dan penjualan produk secara efisien. Penelitian ini bertujuan merancang dan mengembangkan sistem informasi stok penjualan kopi Gayo berbasis web untuk membantu UMKM mengelola stok dan memasarkan produk secara online. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi lapangan. Perancangan sistem dilakukan dengan diagram UML dan metode forecasting permintaan rata-rata bergerak 3 periode diimplementasikan untuk pengelolaan stok yang optimal. Sistem dibangun dalam bentuk website dengan fitur katalog produk dan antarmuka pengelolaan stok bagi supplier. Validasi dan pengujian sistem dilakukan dengan data kuantitatif, hasil menunjukkan waktu respon sistem cepat, dapat melayani banyak pengguna secara bersamaan, kapasitas database memadai, tingkat keakuratan forecasting 87%, hanya 15 bug ditemukan, keberhasilan proses kritis 98%, serta performa baik dalam menampilkan 100 data stok/produk, sehingga kinerja, kapasitas, keandalan, dan fungsionalitas sistem terbukti baik sesuai persyaratan yang dibutuhkan.
Copyrights © 2024