Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada Industri Kerajinan Gerabah Kasongan Kabupaten Bantul Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh usaha Gerabah Kasongan Kabupaten Bantul Yogyakarta yang berjumlah 120 usaha periode 2014-2018. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 55 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, uji analisis regresi, uji asumsi klasik, dan olah data menggunakan SPSS version 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Koefisien determinasi sebesar 93,9% menunjukkan bahwa variasi ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas dapat menjelaskan variasi nilai perusahaan sebesar 93,9%, sedangkan sisanya 6,1% disebabkan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian.
Copyrights © 2021