E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 12 No 12 (2023)

PERAN KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP NIAT BELI ULANG

Made Rama Andika Dwipayana (Unknown)
Ni Nyoman Rsi Respati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran kepuasan pelanggan memediasi pengaruh promosi penjualan terhadap niat beli ulang. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 110 pelanggan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purporsive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis yang diajukan adalah uji asumsi klasik, analisis jalur, uji sobel dan uji VAF. Dari hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang, promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang, kepuasan konsumen berperan positif dan signifikan dalam memediasi promosi penjualan terhadap niat beli ulang. Saran untuk pihak kedai 99 yaitu dapat meningkatkan promosi yang diberikan dari segi promo paket (bundling) dengan begitu dapat mempengaruhi kepuasan konsumen yang akan meningkatkan niat beli ulang konsumen serta meningkatkan kepuasan konsumen dari segi konsistensi cita rasa dengan begitu akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan dapat meningkatkan niat beli ulang. The purpose of this research is to explain the role of customer satisfaction in mediating the effect of sales promotion on repurchase intention. This research was conducted in Denpasar City with a total sample of 110 customers. The sampling technique used in this research is purposive sampling technique. Data collection was carried out using a questionnaire. The data analysis technique used to answer the proposed hypothesis is the classical assumption test, path analysis, Sobel test and VAF test. From the results of the analysis it can be concluded that: 1) Sales promotion has a positive and significant effect on repurchase intention, 2) Sales promotion has a positive and significant effect on customer satisfaction, 3) Customer satisfaction has a positive and significant effect on repurchase intention, 4) Consumer satisfaction plays a positive and significant role in mediating sales promotion on repurchase intention. Suggestions for the 99 shop, namely being able to increase the promotions provided in terms of package promos (bundling) so that they can influence consumer satisfaction which will increase consumer repurchase intentions and increase consumer satisfaction in terms of taste consistency so that it will increase customer satisfaction and can increase customer intentions buy again.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...