Peningkatan kasus positif di Indonesia berdampak sangat besar pada berbagai sektor, terutama sektor pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah menyiapkan portal media virtual untuk pembelajaran di rumah yang aksesnya masing-masing daerah. Di wilayah Jakarta dan sekitarnya disebut Aplikasi Ruang Guru. Penerapan lingkungan belajar tersebut di wilayah Jakarta dan sekitarnya terus dilakukan sejak pandemi Covid-19. Namun, kita perlu mengetahui penerimaan pengguna terhadap teknologi yang baru dikembangkan dan hambatan penggunaannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis tingkat penerimaan lingkungan pembelajaran online ruang guru menggunakan model penerimaan teknologi dengan model persamaan struktural dan pendekatan partial least squares. Dengan menggunakan variable TAM persepsi kegunaan (perceived usefulness), persepsi kemudahan pengguna (perceived ease of use), perilaku pengguna (attitude of use), sikap untuk menggunakan teknologi (behavioral intention of use), dan minat pengguna sistem (actually system use).
Copyrights © 2024