Kemajuan teknologi saat ini memiliki efek pada berbagai bidang termasuk pada bidang pembayaran. Terdapat dua jenis sistem pembayaran saat ini yaitu tunai (cash) dan nontunai (cashless). Pembayaran secara nontunai dapat dilakukan dengan QRIS, transfer, debit. QRIS merupakan sistem pembayaran yang sedang popular. Pada tanggal 1 Januari 2020, Bank Indonesia merilis standar penggunaan kode QR Indonesia dengan nama Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS). Mixue adalah perusahaan yang menjual aneka es krim dan minuman teh yang didirikan pada juni 1997 di Tiongkok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembayaran secara QRIS terhadap minat beli konsumen mixue dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner terhadap sejumlah minimal 97 responden yang merupakan konsumen mixue Cihideung yang menggunakan QRIS dalam pembayaran. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Ease of Use (X1), Enjoyment(X2), Trust(X3), Price(X4), Promotion(X5) dalam penggunaan QRIS sebagai media pembayaran secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap Buying Interest(Y) di Mixue. Variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Buying Interest(Y) yaitu Ease of Use (X1), Enjoyment(X2) dan Price(X4). Kata kunci: Pembayaran QRIS, minat beli, mixue, regresi linear berganda
Copyrights © 2024