Media sosial merupakan sebuah alat atau media yang dapat diakses oleh siapa saja tanpa batasan ruang dan waktu selama memiliki jaringan internet. Dalam dunia bisnis yang terus berubah saat ini, penting bagi usaha kecil untuk secara konsisten menjalankan strategi agar tetap berada di depan pesaingnya dan pada akhirnya meningkatkan kinerja bisnis mereka. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan membuat kuesioner terstruktur untuk mengumpulkan data usaha kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media sosial pada usaha kecil dan menengah dan untuk menguji apakah penggunaan media sosial berdampak pada usaha kecil dan menengah. Populasi dari penelitian ini terdiri dari usaha kecil dan menengah di Bandung Barat yang menggunakan media sosial sebanyak 80 pelaku usaha kecil dan menengah. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas, serta pengukuran penggunaan media sosial dan analisis statistik deskriptif. Hasil uji validitas menunjukkan kuesioner mempunyai validitas yang baik, dan uji reliabilitas menunjukkan koefisien alpha yang memuaskan. Dari analisisi data menunjukkan bahwa UKM di Bandung Barat terus menggunakan media sosial untuk berbagai tujuan seperti penjualan, promosi, interaksi pelanggan, dan pembelajaran. Kata Kunci: Pemasaran, UKM, Media Sosial
Copyrights © 2024