INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 7 No 2 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Pengaruh Penerapan Sistem Pembayaran Mobile Payment Shopeepay Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada E-Commerce Shopee Mengunakan Metode Srturtural Equation Model (SEM)

Jastin Kore (Universitas Advent Indonesia)
Sintaria Sembiring (Universitas Advent Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2024

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia berdampak positif pada perekonomian melalui transformasi sistem pembayaran. Inovasi non-tunai menggantikan uang tunai, memberikan praktisitas, efisiensi, dan mengurangi risiko uang palsu.Penggunaan uang elektronik yang disimpan digital merata di masyarakat, digunakan secara luas dalam transaksi online maupun offline.E-commerce sebagai bisnis elektronis memfasilitasi transaksi antara pelaku bisnis dan konsumen. Dalam konteks E-commerce, fintech mendukung dengan produk keuangan yang memudahkan dan efisien.Fokus penelitian pada Shopeepay sebagai dompet digital mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi minat dan kepercayaan konsumen. Riset ini Menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengevaluasi korelasi dan hubungan antar variabel dalam suatu model, baik itu dalam konteks hubungan antara indikator dengan Konsep yang di ukur dan di lihat pada pengguna Shopeepay. Penelitian ini berfokus pada Mahasiswa aktif universitas advent Indonesia yang memilih Shopeepay sebagai opsi pembayaran ketika melakukan transaksi di Shopee dengan total 1.564 dengan menentukan jumlah sampel sebanyak 94 orang pengguna ShopeePay. Hasil pengujian menunjukkan bahwa consumer characteristics dan interactions berpengaruh signifikan terhadap level off convidence sedangkan website ınfrastructure dan firm characteristics tidak berpengaruh signifikan terhadap level off convidence pada pengguna E-commerce Shopeepay. Kata Kunci: Kepercayaan, SEM, Shopee, Shopeepay

Copyrights © 2024