INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 7 No 3 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Usulan Strategi Pemasaran Aneka Olahan Mente Pada UD Bokrie Dengan Metode SWOT dan QSPM

Maulan Najib (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Akhmad Wasiur Rizqi (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Moh. Jufriyanto (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
29 May 2024

Abstract

UlD Bokrie melrulpakan salah satul indulstri rumahan yang belrgelrak dibidang makanan. Namuln delmikian dizaman selkarang banyak selkali belrmulncullan ulsaha makanan belrlombah lombah delngan kellelbihan, krelativitas, inovasi dan promosi yang melmbulat makanan telrselbult selmakin diminati dan dikelnal olelh konsulmeln, selhingga haruls mellakulkan inovasi dan pelngelmbangan yang belrkaitan delngan stratelgi pelmasaran yang belrsifat stratelgis dalam rangka melmelnangkan pelrsaingan tak telrkelculali selpelrti halnya pada UD Bokrie. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proposisi strategi pelmasaran anelka olahan melntel di UlD Bokrie delngan melnggulnakan meltodel analisa SWOT dan QSPM. Adapun dari permasalahan pada penelitian ini adalah jumlah penjualan produksi julmlah pelnjulalan produlksi dalam elnam bullan telrakhir melngalami pasang sulrult dikarelnakan pelrmintaan tidak pasti. Temuan ini menunjukkan bahwa UD Bokrie dalam kondisi tumbuh dan berkembang baik, karena skor IFE adalah 3,014 , dan skor EFE adalah 2,956. Sedangkan nilai tertinggi matriks QSPM adalah 8,549 yaitu pada ST 3 (mengikuti pameran UKM di Kab Gresik maupun kota besar).

Copyrights © 2024