E-commerce in Indonesia is currently emerging. People in Indonesia really like shopping at e-commerce or online stores, because it is more economical to buy an item. So to be able to attract e-commerce consumers, Blibli has a strategy to hook K-pop idols to be able to increase their Brand awareness. They partner with the K-pop idol NCT 127 because Blibli's customers are mostly dominated by millennials and also Z who have an interest in the world of K-pop. The purpose of this study was to determine whether there was an influence of the NCT 127 Brand Ambassdor on Blibli's Brand awareness. The theory used in this study is marketing communications, Brand ambassadors, Brand awareness and response stimulus. This study uses a quantitative approach, using a survei method. The population of this study is followers of the Instagram account @wownctzen.id with a sample of 100 respondents who are calculated using the slovin formula. The data analysis technique used is a simple linear regression test, T test, correlation coefficient and coefficient of determination. The results of the research analysis show that the Brand ambassador variable (X) has a significant influence on Brand awareness (Y). E-commerce di Indonesia saat ini banyak bermunculan. Masyarakat di Indonesia sangat menyukai berbelanja di e-commerce atau toko online, karena lebih efisien untuk membeli suatu barang. Sehingga untuk dapat menarik konsumen e-commerce Blibli mempunyai strategi untuk menggaet idola K-pop untuk dapat meningkatkan brand awareness mereka. Mereka menggandeng idola K-pop NCT 127 karena pelanggan Blibli sebagian besar didominasi oleh generasi milenial dan juga Z yang mempunyai ketertarikan dengan dunia K-pop . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh brand ambassdor NCT 127 terhadap brand awareness Blibli. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Komunikasi Pemasaran, Brand Ambassador, Brand awareness, dan Stimulus Respon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode survei Populasi dari penelitian ini adalah pengikut akun Instagram @wownctzen.id dengan sampel 100 responden yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana, uji T, koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa variabel Brand ambassador (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Brand Awareness (Y).
Copyrights © 2023