ABSTRAK Latar Belakang: Persaingan yang ketat secara tidak langsung akan mempengaruhi suatu rumah sakit dalam mempertahankan target pasar, rumah sakit harus bekerja keras dalam mempertahankan loyalitas pasien. Karena hal itulah, upaya menjaga loyalitas pasien merupakan hal penting yang harus selalu dilakukan oleh rumah sakit. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Brand Image dan Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pasien Poliklinik Gigi Melalui Kualitas Pelayanan Di RSUD Lamaddukkelleng Kabupaten Wajo. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh brand image dan marketing mix terhadap kualitas pelayanan pasien poliklinik gigi, untuk mengetahui pengaruh brand image dan marketing mix terhadap loyalitas pasien poliklinik gigi, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas terhadap loyalitas pasien poliklinik gigi di RSUD Lamadddukkelleng Kabupaten Wajo. Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi penelitian ini sebanyak 1012 responden dan sampel penelitian ini 286 orang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan Regresi Linear Berganda menggunakan aplikasi SPSS. Hasil: Menunjukkan terdapat pengaruh secara signifikan yaitu, Marketing mix dengan sub variabel harga terhadap kualitas pelayanan (p=0,000), Marketing mix dengan sub variabel produk (p=0,024), dan sub variabel harga (p=0,000) terhadap loyalitas pasien, serta terdapat pengaruh langsung kualitas terhadap loyalitas pasien (p=0,000). Adapun variabel marketing mix yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan adalah harga, dan pada aspek marketing mix yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pasien adalah produk dan harga. Kesimpulan: Terdapat pengaruh Marketing mix dengan sub variabel harga terhadap kualitas pelayanan dan marketing mix dengan sub variabel produk dan harga berpengaruh terhadap loyalitas pasien. ABSTRACT Background: The rigorous competition in the healthcare sector implicitly challenges hospitals to retain their market share, necessitating strenuous efforts to sustain patient loyalty. In light of this, maintaining patient loyalty is a critical endeavor that hospitals must continually pursue. This study investigates the impact of Brand Image and Marketing Mix on patient loyalty at the Dental Clinic of RSUD Lamaddukkelleng in Wajo regency through the lens of service quality in 2023. Objective: To determine the effect of brand image and marketing mix on the quality of dental polyclinic patient services, to determine the effect of brand image and marketing mix on dental polyclinic patient loyalty, and to determine the effect of quality on dental polyclinic patient loyalty at Lamadddukkelleng Hospital, Wajo Regency. Method: This quantitative study employed a cross-sectional approach. The research population consisted of 1012 respondents, with a sample size of 286 individuals. Data were collected through questionnaires and analyzed using Multiple Linear Regression in SPSS software. Results: Shows that there is a significant influence, namely, Marketing mix with the price sub variable on service quality (p = 0.000), Marketing mix with the product sub variable (p = 0.024), and the price sub variable (p = 0.000) on patient loyalty, and there is a direct effect of quality on patient loyalty (p = 0.000). The marketing mix variable that has the most influence on service quality is price, and the marketing mix aspects that have the most influence on patient loyalty are product and price. Conclusion: The marketing mix, particularly the price and product sub-variables, significantly affects service quality and patient loyalty.
Copyrights © 2024