Salah satu model dan teknik pembelajaran inovatif yang cocok untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran ialah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Model    pembelajaran Project    Based    Learning adalah    model    pembelajaran    yang menggunakan proyek sebagai tujuannya dan melibatkan siswa dalam kegiatan memecahkan masalah  dan  tugas-tugas  bermakna  lainnnya,  memberi  peluang  siswa  bekerja  secara otonom  mengkonstruk  belajar  mereka  sendiri,  dan  puncaknya  menghasilkan  produk  karyasiswa bernilai, dan realist. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode deskriptif, guru sebagai peneliti menggambarkan keadaan situasi yang terjadi berdasarkan fakta yang terjadi di kelas pada saat penelitian berlangsung. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam kelas guna memecahkan sesuatu permasalahan yang dialami guru dalam proses pembelajaran di dalam kelas, hal ini untuk memperbaiki kualitas serta hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap- tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dari tiap pertemuan siklus I dan siklus II mengalami kenaikan secara bertahap. Pada pertemuan ke 1 siswa difokuskan untuk membuat proyek, sementara itu pada pertemuan ke 2 siswa masih membuat proyek namun sekaligus digunakan sebagai penilaian. Berdasarkan keseluruhan siklus yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Upaya meningkatkan pemahaman materi karya ilmiah dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palembang dapat dibuktikan dengan hasil penelitian ini yang menunjukkan bahwa model Project Based learning( PjBL) yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran membuat mahasiswa lebih menguasai materi pembelajaran serta dapat meningkatkan keaktifan dan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa. Siswa mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan tugas. Penerapan model PjBL membuat proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi karya ilmiah lebih menarik serta mudah dipahami. Penelitian ini memberikan suatu implikasi bahwa model Project Based Learning (PjBL) memberikan pengalaman belajar yang detail, rinci, menantang dalam durasi yang lebih panjang dengan sasaran terselesaikannya proyek serta karya siswa yang memuaskan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024