Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper)
Vol 9, No 1 (2024): Januari 2024

Implementasi Teori Belajar Connectivism dengan Pemanfaatan E-Learning dalam Proses Pembelajaran Mengetik Sepuluh Jari

Mohamad Hilman Nurhikmah (Unknown)
Tjutju Yuniarsih (Unknown)
Rini Intansari Meilani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan proses belajar mengajar implementasi teori belajar connectivism dengan pemanfaatan e-learning dalam proses pembelajaran mengetik 10 jari program Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah Majalaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran. Berjumlah 68 siswa, Hasil yang didapat dari sistem pembelajaran connectivism melalui e-learning dalam proses pembelajaran mengetik 10 jari dapat dikatakan berhasil pada proses pengetahuan yang siswa dapat, sementara pada proses keterampilan yang siswa dapat hanya sebagian yang berhasil tersampaikan. Melihat dari kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran connectivism melalui pemanfaatan e-learning dalam proses pembelajaran mengetik 10 jari yang diberikan oleh guru, masih terdapat siswa yang merasa bosan ini merupakan faktor terpenting bagi seorang tenaga pendidik untuk mengetahui hambatan siswa lebih lanjut, untuk menghindari pengaruh negative bagi siswa yang lain, maka dari itu diperlukan pemberian materi pada modul pembelajaran lebih sederhana sehingga dapat mudah dimengerti oleh siswa dan mengingat proses pembelajaran mengetik 10 jari lebih kepada praktek dalam proses belajarnya diharapkan untuk meberikan video pembelajaran yang menarik serta variatif agar siswa menjadi tertarik dalam mengikuti proses belajar mengajarnya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmanper

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

This journal publishes research results on topics related to the teaching and learning of Office Management Education and other relevant fields of study, especially those carried out in the contexts of Vocational High Schools, higher education institutions, and workplaces. Major topics covered in ...