Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan (JPIP)
Vol. 2 No. 1 (2024): Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan (JPIP) Periode Februari 2024

Perancangan Aplikasi Kompresi File Gambar Dengan Menggunakan Algoritma Stout Code

Sianturi, Ismail Marzuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Dalam kompresi file gambar, diperoleh salah satu hal terpenting dan umum terjadi bahwa proses dekompresi selalu diperlukan agar kompresi dapat bekerja. Proses kompresi digunakan untuk memperkecil ukuran file, Sementara Proses dekompresi merupakan suatu cara untuk mengembalikan data yang terkompresi kembali menjadi data asli. Kompresi data dapat membantu mengurangi ukuran data yang dikirimkan melalui jaringan, seperti internet, yang dapat mempercepat waktu transfer data. Adapun solusi untuk memecahkan masalah yaitu melakukan kompresi. Algoritma yang digunakan untuk mengkompresi adalah Algoritma Stout code. Dengan menggunakan Algoritma ini maka hasil kompresi akan lebih baik dan bertujuan untuk mengurangi peyimpanan file gambar. dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran aslinya sehingga lebih efesien dalam menyimpannya serta mempersingkat waktu pertukaran data tersebut. Dengan adanya kompresi diharapkan dapat menghemat biaya serta waktu yang dikeluarkan menambah fasilitas media peyimpanan data pada komputer serta mempercepat peroses.Penelitian ini diharapkan bisa dimanfaatkan untuk pengurangan ukuran data suatu file gambar. Pada tahap awal yang akan dianalisa penulis ialah dengan mencari file gambar yang akan dikompres kemudian diubah menjadi nilai hexadecimal melalui aplikasi HxD. Setelah didapat nilai hexadecimal file gambar maka akan dilakukan proses kompresi dan diperoleh file hasil kompresi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPIP

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan (e-ISSN:2986-9854) memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang kependidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi, mengembangkan, dan menjelaskan pengetahuan tentang desain dan teknologi pendidikan, agar menjaga praktisi dan peneliti ...