Peningkatan penggunaan e-commerce dan aplikasi marketplace dipengaruhi oleh kenaikan jumlah pengguna internet. Hal tersebut berdampak pada pertumbuhan jumlah ulasan atau opini terkait pemanfaatan e-commerce dan aplikasi marketplace, khususnya di media sosial. Merujuk pada keterbatasan e-commerce, maka opini terkait e-commerce dan aplikasi marketplace perlu dianalisis untuk mengetahui mayoritas masyarakat dalam menyikapi trend penggunaan e-commerce. Studi ini bertujuan membahas analisis opini melalui klasifikasi sentimen analisis terkait penerimaan e-commerce dan aplikasi marketplace. Data yang digunakan bersumber dari opini media sosial Twitter. Sedangkan model klasifikasi menggunakan support vector machine. Berdasarkan hasil pengujian, predikasi klasifikasi sentimen tertinggi diperoleh ketika menggunakan kernel linier dengan nilai akurasi 94%, diikuti oleh RBF dengan akurasi 87% dan kernel polynomial dengan akurasi 89%. Sementara dari aspek klasifikasi sentimen negatif tertinggi didapatkan ketika mengimplementasikan kernel RBF  dan polynomial.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024