Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran ekstrakurikuler Pramuka dalam pembentukan karakter bertanggung jawab pada siswa kelas V di SDN 1 Cempaga. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru Pramuka, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi siswa dalam kegiatan Pramuka secara signifikan berkontribusi dalam pengembangan karakter bertanggung jawab. Melalui berbagai kegiatan seperti perkemahan, pelatihan keterampilan, dan pengabdian masyarakat, siswa belajar untuk menghormati peraturan, mengelola tanggung jawab, dan bekerja sama dalam tim. Pembinaan yang dilakukan oleh guru Pramuka juga memainkan peran penting dalam membimbing siswa untuk menginternalisasi nilai-nilai kepramukaan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya ekstrakurikuler Pramuka sebagai salah satu sarana efektif dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini menyarankan perlunya pengembangan program Pramuka yang lebih terstruktur dan mendalam untuk memaksimalkan potensi positifnya dalam pembentukan karakter siswa.
Copyrights © 2024