Tujuan pengabdian ini adalah agar mitra dapat melakukan strategi-strategi dalam memasarkan produk Nilaku Cangkring melalui media sosial. Media sosial saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pelaku bisnis terutama sebagai sarana pemasarannya. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan media sosial, diantaranya murah, cepat, jangkauan luas, serta tidak terbatas waktu. Pemasaran bisa menjadi semakin efisien dan efektif. Pengabdian ini dilakukan kepada pelaku usaha budidaya ikan nila. Nama usahanya adalah Nilaku Cangkring. Bentuk pengabdian yang dilakukan dengan cara mentransformasikan strategi pemasaran yang semula tradisional menjadi digital. Metodenya dengan cara membuatkan akun media sosial Facebook, Instagram, dan Tik Tok. Mitra diberikan pelatihan cara memasarkan produk melalui media sosial. Hasil dari pengabdian ini adalah mitra memiliki akun media sosial sebagai sarana pemasaran yang mulanya mitra tidak memiliki media sosial sama sekali. Akun yang baru dibuat saat ini sudah memiliki banyak pengikut. Nama akun Facebooknya adalah Nilaku Cangkring, nama Instagramnya adalah nilaku_cangkring, dan nama Tik Toknya adalah nilaku. cangkring. Facebook yang awalnya jumlah pengikutnya 0 sudah mencapai 1.000 pengikut, Instagram yang awal dibuat pengikutnya 0, saat ini sudah mencapai 2.377 pengikut, Tik Tok yang awal dibuat pengikutnya 0 menjadi 229. Hasil selanjutnya adalah mitra memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memasarkan ikan nila melalui media sosial sehingga konsumen semakin banyak. Hal ini juga dapat dilihat dari fitur-fitur media sosial yang sudah aktif dan berjalan.
Copyrights © 2024