Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 7 No 1 (2024): Article Research Volume 7 Number 1, January 2024

Pengaruh Perceived Ease Of Use, Kepercayaan dan Literasi Keuangan Terhadap Penggunaan ShopeePay pada Masyarakat Bengkulu

Maulana, Risqi (Unknown)
Zoraya, Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

ShopeePay adalah layanan dompet elektronik (e-wallet) yang dimiliki oleh Shopee yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran di aplikasi Shopee, maupun melalui merchant yang telah bekerjasama dengan ShopeePay. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perceived ease of use, kepercayaan dan literasi keuangan terhadap penggunaan ShopeePay pada masyarakat Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah masyarakat Bengkulu sebanyak 100 orang dan metode pengambilan sampel adalah Accidental Sampling. Metode penelitian adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Analisis menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari perceived ease of use, kepercayaan dan literasi keuangan terhadap penggunaan ShopeePay di kalangan masyarakat Bengkulu. Pertimbangkan untuk meneliti faktor-faktor eksternal, seperti kondisi ekonomi, perkembangan teknologi, atau tren industri, dan bagaimana faktor-faktor tersebut dapat memengaruhi penggunaan ShopeePay.

Copyrights © 2024