Manajemen laba merujuk pada tindakan yang dilakukan oleh pihak manajemen suatu perusahaan untuk mempengaruhi atau memanipulasi informasi dalam laporan keuangan mereka dengan tujuan untuk mengelabui stakeholder yang ingin mengetahui kinerja dan kondisi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, likuiditas, dan kepemilikan manajerial terhadap manajemen laba. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2020-2022. Populasi penelitian adalah sebanyak 309 perusahaan. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel berdasarkan kriteria (purposive sampling) diperoleh sebanyak 111 perusahaan sebagai sampel dengan jumlah pengamatan sebanyak 333. Metode pengumpulan data sekunder yang berupa laporan keuangan tahunan, jurnal dan buku terkait. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap manajemen laba. Sementara itu,profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage dan likuiditas secara parsial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba
Copyrights © 2024