Bullying adalah suatu kondisi dimana terjadi penyalahgunaan kemampuan yang dilakukan oleh individu / kelompok. Perilaku bullying dipengaruhi oleh pola asuh orang tua, harga diri, norma kelompok, teman sebaya, sekolah, serta media dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua terhadap perilaku bullying pada siswa di sekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif korelatif dengan metode pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 98 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner Adolescent Peer Relationship Instrument (APRI), dan kuesioner Parental Authority Quistionare (PAQ) yang selanjutnya dianalisis dengan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukan responden dengan pola asuh otoriter cenderung menjadi pelaku bullying sebesar 57,1%. Hasil uji statistik yaitu terdapat hubungan pola asuh orang tua terhadap perilaku bullying pada siswa di sekolah. (p = 0,000). Berdasarkan penelitian ini sekolah bersama orang tua siswa diharapkan dapat menunjukkan kerjasama yang lebih baik dalam pengawasan kepada siswa / siswinya.
Copyrights © 2021