Komunikasi efektif adalah pertukaran informasi, ide, perasaan yang menghasilkan perubahan sikap sehingga terjalin sebuah hubungan baik antara pemberi pesan dan penerima pesan. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah mencangkup mengenai bagaimana efektivitas komunikasi dalam organisasi lembaga di PAUD dan Strategi Komunikasi Dalam Lembaga Paud. Penelitian ini juga memiliki manfaat yaitu Untuk menyelidiki bagaimana efektivitas komunikasi dalam organisasi lembaga di PAUD, Memverifikasi rumusan masalah Komunikasi Dalam Lembaga Paud serta Mendapatkan informasi baru tentang Komunikasi Dalam Lembaga Paud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik analisis data kualitatif dilakuakn sesuai dengan observasi atau wawancara secara langsung kepada guru sehingga analisis data yang digunakan dengan cara menelaah jawaban-jawaban yang dikumpulkan yang didapat dari subjek penelitian. (Santrock, 2002) Anak pra-sekolah umumnya memiliki keterbatasan dan ketidakmampuan dalam mengekspresikan dan mengkomunikasikan perasaan atau topik emosional yang sulit seperti rasa tidak nyaman yang dirasakannya secara verbal, sehingga anak cenderung menghindari pembicaraan dengan tidak berbicara sama sekali, mengganti topik, mendorong, atau berlari.
Copyrights © 2024